Note: forwarded message attached.

How much free photo storage do you get? Store your holiday snaps for FREE with Yahoo! Photos. Get Yahoo! Photos
--- Begin Message ---
----- Original Message ----- ----- Original Message -----
From: rdwianto
Sent: Sunday, October 16, 2005 6:52 PM
Subject: waspada bila dirawat di RS Hermina

Waspada bilan dirawat di RS Hermina, terutama RS Hermina Depok.
Koordinasi di RS Hermina tsb sangat buruk, sehingga bisa terjadi salah
pemberian obat. Saya sudah mengalaminya sendiri.

Anak saya yang berusia 1 tahun 5 bulan, dirawat di RS Hermina Depok selama 4
hari karena demam tinggi hingga 41derajat C. Sejak awal saya mendaftar di RS
tsb sebagai pasien rawat jalan (jauh sebelum anak saya dirawat), saya sudah
merasakan ada ketidak beresan dalam koordinasi di RS tsb. Dan perasaan saya
ini telah dibuktikan dengan pemberian obat antibiotik kepada anak saya
ketika dia dirawat.

Di hari ketiga dia dirawat, jam 10 pagi seorang perawat masuk ruang anak
saya (klas utama, jadi sendiri tidak ada pasien lain) untuk menyuntikkan
antibiotik ke anak saya melalui slang infus. Kira-kira jam 10.30 ada perawat
lain yang masuk dan juga akan menyuntikkan sesuatu. Ketika saya tanya,
ternyata antibiotik juga, dan antibiotik yang sama yang seharusnya diberikan
dengan jarak waktu 8 jam. Ini baru 30 menit sudah akan disuntikkan lagi!!
Saya menolak, dan meminta perawat mencheck lebih dulu. Perawat tsb
meninggalkan ruang rawat anak saya dan tidak pernah kembali lagi. Ini
membuktikan bahwa memang sebetulnya dia salah, tidak seharusnya memberikan
obat lagi. Tetapi perawat itu tidak pernah kembali lagi ke ruang saya untuk
minta maaf atas kesalahannya, bahkan kepala perawat jaga juga tidak pernah
mengatakan apa-apa. Berarti: kesalahan itu tidak pernah dilaporkan ke kepala
perawat, atau dilaporkan pun tidak ada tindak lanjut apa-apa.

Sejak kejadian itu, saya putuskan untuk tidak meninggalkan ruang rawat anak
saya sama sekali. Saya membayangkan, betapa mengerikannya kalau yang menjaga
anak saya bukan saya sendiri tapi baby sitter yang mungkin hanya akan
mempersilakan perawat memberi obat dobel seperti itu karena memang baby
sitter tidak akan sekritis orang tua.

Sebetulnya selain kesalahan di atas, yang menurut saya sangat fatal, masih
ada hal-hal lain yang saya alami yang menunjukkan buruknya koordinasi di RS
dan ini dapat membahayakan pasien.
1. Anak saya seharusnya diberi antibiotik jam 2 dini hari, tetapi saya
maupun baby sitter yang ikut tidur di ruang rawatnya sama sekali tidak
melihat ada perawat yang memberikan obat tsb, sementara di catatan perawat,
obat sudah diberikan. Yang dituduhkan ke perawat adalah, mungkin saya tidur,
jadi tidak tahu kalau diberi obat. Tuduhan ini menurut saya sama sekali
tidak logis. Apabila ada orang tua bayi menunggui bayinya di ruang rawat,
dan bayi akan diberi obat, biasanya yang menunggu tsb akan dibangunkan
apabila sedang tidur. Selain itu, saya dan baby sitter jam 2 dini hari dalam
keadaan bangun, karena kami harus memberi obat minum pada anak saya.
(Perawat lepas tangan dalam hal obat minum, diserahkan pada yang menunggu,
mereka tidak membantu memberikan obat minum sama sekali)
2. Anak saya terlupa tidak diantar makan 2 kali. Dan pada yang pertama,
ternyata makanan yang diantar ke anak saya sebetulnya untuk kamar sebelah.
Bayangkan, apabila pasien ada pantangan makan tertentu dan makanannya
tertukar, apa yang bisa terjadi?!
3. Anak saya terlupa tidak dimandikan 1 kali.
4. Waktu penghitungan tagihan, ada kesalahan tagihan. Ada suatu alat infus
yang hanya 2 hari dipakai anak saya, dihitung 4 hari.

Demikian keburukan koordinasi RS Hermina Depok.
Saya telah mengajukan protes tertulis lewat lembar angket yang disiapkan RS
tsb, tetapi saya tidak yakin akan ada perbaikan. Maka melalui e-mail ini,
saya sedang menempuh jalur mulut-ke-mulut yang jauh lebih efektif untuk
menyebarkan hal-hal seperti ini.

Percaya lah, saya telah mengalaminya sendiri.

Riri Dwianto

Cooking recipes Easy cooking recipes Food recipes
Healthy cooking recipe Cooking food Cooking recipe software

YAHOO! GROUPS LINKS

--- End Message ---