To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, October 18, 2005 2:21 PM
Subject: [balita-anda] Help, Evelyn terinfeksi TBC !

Sabtu kedua anak ku di test montoux dan senin kemarin dibaca hasilnya, anakku yang pertama, Kevin 2 thn 6 bln hasilnya negatif tetapi Evelyn anak ku yang beru berumur 5 1/2 bulan positif TBC kemudian hasil photo thorax menunjukkan adanya kelenjar (mungkin pembengkakkan kelenjar atau semacamnya) sampai sekarang dokter belum membuka resep untuk nya karena beliau berniat untuk mengecek lebih lanjut sebelum memberi obat (tindakan yang benar menurut saya karena evelyn memang sedang pilek), sementara ini evelyn hanya diberi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta diwajibkan untuk kontrol bulan depan. Sehubungan ponakan saya pernah didiagnosa TBC oleh seorang dokter di RS Pluit dan mengkonsumsi obat selama 3 bulan, setelah 3 bulan ponakan saya ini dibawa ke malaysia untuk cek lebih lanjut dan hasilnya ternyata ponakan saya cuman alergi dan seharusnya tidak perlu mengkonsumsi obat tersebut (yang untuk ukuran anak² sudah termasuk obat keras) selama 3 bulan, maka saya berniat untuk meminta 2nd opinion, apakah ada moms and dads yang bisa mereferensikan Dokter yang handal dalam menangani TBC pada anak?

Miris hati saya setiap melihat evelyn, airmata pun senantiasa menggantung karena walaupun dia sering tersenyum polos, tapi kita tau ada sesuatu yang berbahaya dalam tubuhnya.

TBC ini didapat dari susternya yang merawatnya sejak dari bayi. dan baru ketahuan kalau susternya positif TBC setelah ikut saya 6 bulan dan mulai sering demam serta bertambah kurus kemudian saya bawa ke dokter berulang kali sampai ke dokter spesialis paru². setelah saya tebus resep untuk susternya, saya harus memulangkannya demi melindungi anak² saya dan sampai saat ini belum ada tindakan apa² dari pihak yayasan dimana saya mengambil suster tersebut walaupun hal ini sudah saya laporkan 2 kali, bahkan sekedar menanyakan kabar suster atau anak saya saja tidak pernah malah kesannya saya adalah orang yang hendak menyusahkan yayasan :<

Ini benar² menjadi pengalaman yang akan terus ku ingat dan akan menjadi pedoman dalam mengambil suster.

Sejak lahir evelyn harus dirawat selama 5 hari karena kuning (dimana saat itu saya harus menerima makian dari hubby yang menyalahkan saya sampai saya menangis seharian) sekarang kembali evelyn harus menjalani pengobatan yang..... malangnya anakku! Moms and dads, apa yang terbaik yang harus saya lakukan untuknya? Saya bertanya pada BA karena saya yakin BA selalu memberi saran yang bagus dan bermanfaat, please help me!

Thanks in Advance
Restiani