mbak, tanya dong, kalo plastik biasa saya pake buat simpen ASI bisa gak ya?
soalnya plastik obat kan agak susah nyarinya...

chandra
----- Original Message -----
From: "Uci Wiriasastra" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, November 22, 2005 1:37 PM
Subject: Re: [balita-anda] Memeras ASI

Mbak Hesti,
..Sharing aja pas aku ke luar kota n terpaksa gak bawa Kavin aku biasanya
bawa botol n beberapa plastik tebel spt plastik obat yg ada perekatnya.
plastik ini buat jaga2 aja klo botolnya gak cukup..
Trus klo mo nyampur peresan ASI nih.. sebaiknya yg jk waktunya gak lebih dr
24 jam..

Klo mompa nehhh jangan kelamaan jaraknya 2-3 jam sekali yg efektif. kalo
jam 9 pagi trus jam 14. kelamaan tuh. klo kelamaan juga sakit ntar
payudaranya.. n juga kuantitas Asi yg dikluarin jg rada berkurang kalo gak
sering2 mompa..

Ini ada kutipan artikelnya Mbak Luluk ttg penyimpanan ASI

BAGAIMANA CARA MENYIMPAN ASI HASIL POMPA/PERASAN YANG
BAIK?
- Simpan ASI dalam botol yang telah disterilkan terlebih dahulu
- Botol yang paling baik sebetulnya adalah yang terbuat dari
gelas/beling,namun jika terpaksa menggunakan botol plastik, pastikanlah
bahwa plastiknya cukup kuat (tidak meleleh jika direndam dalam air panas)
- Jangan pakai botol susu yang berwarna / bergambar, karena ada
kemungkinan catnya meleleh jika terkena panas
- Jangan lupa bubuhkan label setiap kali Ibu akan menyimpan botol
ASI,dengan mencantumkan tanggal dan jam ASI dipompa/peras
- Simpan ASI di dalam botol yang tertutup rapat (jangan ditutup dengan
dot,karena masih ada peluang untuk berinteraksi dengan udara)
- Jika dalam satu hari Ibu memompa/memeras ASI beberapa kali, bisa saja
Ibu menggabungkan hasil pompa/perasan tsb dalam botol yang sama,
dengan catatan bahwa suhu tempat botol disimpan stabil, antara 0 s/d 15
derajat Celcius).
Penggabungan hasil simpanan ini bisa dilakukan asalkan jangka waktu
pemompaan/pemerasan pertama s/d terakhir tidak lebih dari 24 jam

moga2 bisa Bantu dikit yah..
Uci mamaKavin

[balita-anda] Memeras ASI
Hestiwulan
Mon, 21 Nov 2005 21:52:11 -0800

Moms,

ada titipan tanya nih dari teman. Begini, teman saya punya anak usia 5,5
bln, masih minum ASI ekslusif. Nah bulan depan itu rencananya dia ada
tugas
kantor ke puncak selama 3 hari. Rencananya dia mau tetap memeras
ASInya.
Cuma kalo dihitung-hitung harus bawa berapa banyak botol. Nah
rencananya dia
mau bawa yg botol besar2 aja.

Yang mau ditanyakan:
Boleh nggak perasan ASI pertama digabung dengan perasan kedua.
Misalnya
pertama meras jam 9.00 pagi, misalnya hanya dapat 150 cc, lalu pada
perasan
kedua jam 14.00 siang, dicampur di botol yg sama. Kira2 pegaruh nggak
kualitasnya nanti.

Atau ada saran lain dari moms?

Satu lagi rencananya bayinya nanti sudah mau 6 bulan, nah mulai kapan sih
dikenalkan makanan padatnya, pas usia 6 bulan atau kurang atau lebih.

Tks sebelumnya,
hesti