Mbak Rini,

Ada memang sebagian orang yang merasa lebih aman kalau udah pegang tiket
ke US dan biasanya return tiket.
Tujuannya untuk meyakinkan interviewer bahwa kita memang sudah siap
berangkat..

Tetapi dari pengalamanku sendiri.
2 kali kesana dan 2 kali itupun tak pernah menyiapkan tiket ke sana.
Tapi alhamdulillah lolos terus dan lancar selalu.
Tak pernah ditanya yang aneh-aneh..
Malah saat pertama kali apply visa dulu gak ditanya apapun..
Ya kadang memang susah ditebak apa yang akan ditanya atau diminta oleh
interviewer nanti..

Saranku:
- Kalau memang perginya itu dalam waktu dekat dan sudah firm tanggalnya,
gak ada salahnya kalau book tiket dari sekarang, dan minta itinearynya.
Kalau merasa bahwa dengan tiket itu lebih tenang ya siapin aja.
- Cuman kalau perginya masih agak lama.. Ya sebenere sih gak usah.
  Toh kalau nanti ditanya interviewer kok kamu belum ada tiket?
  Ya jawab aja, Saya kan belum dapet visa, bagaimana bisa saya tenang
book tiket pesawat? Dan As soon as I get visa approval, I will issued my
tiket right away.

- Atau itu tadi, book aja dulu, dan minta itinearynya, dan kalau
'kebetulan' ditanya tiket ke US ada gak?
  Jawab aja, " Saya udah book tiket, dan begitu saya dapat visa approval
maka tiket ini tinggal saya isuued saja.."
Jadi enak kan gak perlu kehilangan duit dulu buat beli tiket, tapi tetep
kita sudah dapat bukti bahwa kita sudah mem-book' tiket.

Menurut ku pribadi.. Sebenernya tiket itu gak akan ditanyain dalam
interview nanti....

Sorry panjang juga ternyata..

Moga-moga bantu...

Astuti