From:   DIANA HARTANU [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Monday, March 22, 1999 3:56 PM
To:     '[EMAIL PROTECTED]'
Subject:        RE: [balita-anda] imunisasi anak

Melengkapi informasi dari Ibu Riefna mengenai imunisasi khususnya BCG, saya
anjurkan untuk memberikan imunisasi tersebut pada usia 3 bulan karena
menurut SPA saya ( daerah Serpong ) dan  beliau juga masih dosen di UI.
Penemuan/penelitian WHO yang terbaru, khususnya di negara berkembang, tapi
penemuan ini tidak dipublikasikan seluruhnya karena tentunya bisa
menggemparkan dan belum seluruhnya benar ?.
Katanya apabila BCG diberikan terlalu dini pada bayi dan bayi tersebut tidak
kuat, imunisasi tersebut bisa jadi bumerang karena bisa menyebabkan kanker
kelenjar ? ciri-cirinya kelenjar dibelakang leher lebih besar dan bayi
selalu berkeringat berlebihan, dan tidak nafsu makan dan  katanya juga INI
TIDAK TERJADI KE SEMUA BAYI, hanya yang tidak kuat fisiknya saja, dan
katanya kanker kelenjar ini tidak terlalu berbahaya ....?
Saya sendiri shock, sedih, menyesal mendengarnya karena anak saya di BCG
malah kurang dari 1 bulan oleh SPA lain, dan benar ketika saya kembali ke
SPA yang mem BCG anak saya, dia bilang BCG sekarang sebaiknya usia 3 bulan,
padahal waktu itu dia yang menganjurkan anak saya di BCG karena di jaga sama
suster sehingga takut kena penyakit paru-paru.  Semoga pengalaman saya ini
bisa lebih memperluas wawasan para netter dan untuk kejelasannya mungkin ada
baiknya di tanyakan pada SPA masing-masing.  Untuk yang sudah mengalami
seperti saya, juga jangan terlalu khawatir karena daya tahan setiap bayi
juga beda yang penting kalau anak kita sehat-sehat saja berarti ini tidak
berpengaruh ke dia.

Mungkin netter yang lain punya pengalaman atau referensi mengenai ini,
karena saya sendiri kurang jelas, please inform.

Salam Balita
Diana Hartanu