Saya ingin berbagi berita yang menyedihkan di bawah ini. Pertanyaan saya:
Kenapa sampai saat ini kita masih menemukan kasus-kasus orangtua yang tega
memukul anaknya sampai tewas, sejak kasus Arie Hanggara? Saya sangat
prihatin membaca berita ini, dan bulu kuduk saya berdiri.
Bagaimana sebetulnya kita seharusnya memahami persoalan seperti ini?
Perlukah kita sendiri sebagai ortu mawas diri?
Rasa2nya, kasus semacam ini tidak menjadi monopoli kalangan tertentu atau
karena problema ekonomi semata.

Kamis, 19 November 1998

Balita Tewas Dihajar

Solo, Kompas

Tata, bocah berusia dua tahun, tewas di tangan ayahnya sendiri, Senin
(16/11) lalu. Gara-garanya si anak sering rewel, karena berpisah jauh dari
ibunya yang tinggal di Belitung. Peristiwa mengenaskan itu berlangsung di
sebuah kamar hotel di Solo (Jateng), tempat ayah dan anak itu menginap
selama sebulan terakhir.

Pihak kepolisian setempat telah menahan Heri Susanto (41) untuk
mempertanggungjawabkan perbuatannya. Perbuatan keji Heri itu pertama kali
dilaporkan petugas Hotel Marga Jaya, ketika Senin siang ia pulang dari
rumah sakit dengan membawa jazad anak lelakinya dalam keadaan sudah tak
bernyawa. Sebelumnya, Heri tergesa-gesa membawa anaknya tersebut dengan
taksi ke rumah sakit.

Kapolresta Surakarta, Letkol (Pol) Imam Suwangsa menyebutkan, dalam
pemeriksaan Heri mengaku, anaknya tewas akibat keteledorannya. Selama
menginap di hotel itu ia seringkali bertindak kasar terhadap Tata,
panggilan untuk Antama Murata Yadilade Kasya Herninovian S.

Kepada petugas hotel yang menanyakan kenapa anak itu suka menangis, dijawab
Heri sekadar ingin "mendidik" anaknya. Anak itu suka rewel dan menanyakan
keberadaan ibunya, Novi (31).

Menurut polisi, hubungan pasangan Heri-Novi saat ini di ambang perpecahan.
Itulah yang membuat Heri naik pitam.

Rabu (18/11) jenazah Tata diotopsi tim dokter di Laboratorium Forensik
Universitas Sebelas Maret. (asa)

http://kompas.com/kompas-cetak/9811/19/DAERAH/bali08.htm

Himbauan: Hormati pahlawan REFORMASI, Pasang bendera setengah tiang !