Putri saya baru berusia 3 bulan 22 hari. Pada saat berusia sekitar 1,5
bulan, saya membawanya ke dokter anak untuk memeriksa kondisi kesehatan
fisiknya setelah bepergian dengan pesawat dari Jakarta ke Batam.
Sebelumnya, saya telah memeriksakan kondisi kesehatannya pada dokter
umum untuk meminta rekomendasi boleh bepergian dengan pesawat terbang.
Dari dokter anak tersebut, kami diberitahu kalau putri kami mengalami
gangguan jantung, yaitu tidak menutup sempurnanya katup pada jantung.
Beliau juga menginfomasikan bahwa katup jantung ini seharusnya sudah
bekerja dengan sempurna pada saat bayi lahir dan menangis dengan
kerasnya. Mungkin saya tidak terlalu memperhatikan secara detail, tetapi
dokter tersebut menyebutkan VSD (Verti Secular Defect, maaf kalau
ternyata salah) sebagai nama populer jenis kelainan ini.
Mungkin teman-teman semua ada yang mengetahui lebih detail tentang
kelainan ini, karena saya ingin mempersiapkan segala sesuatunya untuk
putri pertama saya.

Terima Kasih