Marsel,
Sepengetahuan saya, kalau Toxo itu dapat mengakibatkan :
Tulang tengkorak kepalanya tidak bisa terbentuk (hal ini dialami oleh teman saya, dan
akhirnya
kandungannya harus digugurkan).
Kandungan bisa diselamatkan, tetapi kemungkinan bayi yang dilahirkan akan mengalamai
kelainnan
seperti besar kepalanya berkembang pesat sementara badannya tidak berkembang (hal ini
juga pernah
terjadi pada saudara saya).

Sedangkan akibat rubella, menurut teman saya yang juga pernah rubellanya positif
adalah :
dapat menyebabkan bayi tidak dapat mendengar dan bisu.

Sedangkan untuk mendeteksi kelainan bayi tersebut, dapat mengambil cairan dari
plasentanya. Dua tahun
yang lalu hal ini belum ada di RS - RS Jakarta, tetapi baru ada di RS Singapore.

Thx.