Saya adalah salah seorang ibu yang baru memiliki anak pertama dengan usia
2,5 bulan. sekarang ini anak saya suka memasukkan kedua tangannya ke dalam
mulutnya. hal tersebut sering dan selalu saya cegah. dan apabila akan tidur
anak saya selalu ngemut salah satu tangannya. Yang ingin saya tanyakan
apakah hal ini biasa atau tidak pada seusia ini? Jika tidak, bagaimana jalan
keluarnya ?  Soalnya saya punya keponakan yang sampai usia 20 bulan ini
selalu ngemut dua jari tangan kanannya jika hendak tidur. Saya khawatir hal
tersebut bisa terbawa sampai besar.

Satu hal lagi yang ingin saya tanyakan bagaimana dengan pemberian kopi ?
Soalnya saya juga khawatir tentang step. Saya ingin memberi kopi pada anak
saya, tapi apakah kafein yang terdapat di dalam kopi nantinya tidak
mengganggu pertumbuhan otaknya walaupun diberikan dalam jumlah kecil????

Semoga saya bisa memperoleh jawabannya.
Terima kasih