Bagi-bagi pengalaman:

Saya pernah coba ke ahli pijat yang katanya bisa membantu wanita hamil.
Tempatnya di Halim.  Saya disuruh pakai sarung dan tidur telungkup.
Kemudian Bapak itu mulai memijat telapak kaki saya.  Katanya sih cuma
disentuh tapi rasanya suakit sekali.  Karena nggak kuat, saya nangis dan
berontak minta distop.  Tapi Bapak itu bilang nggak boleh.  Jadi terpaksa
saya merelakan kaki saya dipijet sampai biru-lebam.  Katanya sekitar tiga
bulan kemudian saya akan hamil.  Tapi sampai tiga tahun, belum juga
hamil.....  (Mungkin karena waktu itu perasaan saya sebel sekali, jadi
"obat"nya nggak merasuk).

Saya juga pernah dipijat salah seorang Mpok Betawi dari daerah Kalibata.
Kali ini pijatnya enak.  Seperti pijat biasa untuk melonggarkan otot yang
tegang.  Saya dapet anjuran nggak boleh makan kangkung (padahal saya suka
sekali gado-gado).  Lagi-lagi ini belum berhasil.

Teman saya yang juga sedang berusaha hamil sudah pernah mencoba pengobatan
dengan prana di daerah Pejaten Barat.  Pengobatan harus dilakukan bersama
suami.  Harus hadir tiga kali seminggu selama dua bulan.  Kalau berminat,
nanti akan saya bantu tanyakan.

Karena pengobatan tradisional belum membuahkan hasil, saat ini saya berniat
mengikuti program inseminasi buatan termasuk bayi tabung.  Apakah ada yang
bisa memberi penjelasan secara detail mengenai proses pelaksanaannya?
Terima kasih.