Berbeda dengan ibu2 yang mempunyai masalah anak tidak suka makan, anak
saya sangat suka makan. Saat ini anak saya berusia 1 tahun 1 bulan
dengan berat 13,5 Kg, memang untuk si anak sendiri dia tidak nampak
terlalu gemuk karena tingginya 82 Cm (hanya saja nampak seperti anak 2
tahun, berpengaruh pada pakaian dan sepatu). Pertumbuhan motorik anak
tidak terganggu, saat ini dia sudah bisa berjalan dan berlari.

Ketika anak saya berusia 2,5 bulan, saya harus menyerahkan pengasuhan
anak ini kepada Baby Sister karena saya bekerja. Begitu baiknya dia
mengasuh dan memberikan pola makan hingga sampai saat ini anak saya
makan setiap 2 jam sekali.

Pola makannya saat ini adalah sebagai berikut :
Jam     6.00    Bubur Padat (seperti : Promina Lanjutan).
Jam     8.00    Susu (dengan takaran 240 CC).
Jam     10.00   Buah (Cair, Sari buah seperti : Jeruk, Tomat, dll).
Jam     12.00   Nasi Tim (Kasar).
Jam     14.00   Buah (Padat, diberikan bukan sarinya saja seperti : Alpokat,
Pisang, Pepaya, dll).
Jam     16.00   Susu (dengan takaran 240 CC).
Jam     18.00   Nasi Tim (Kasar).
Jam     20.00   Susu (dengan takaran 240 CC).
Jam     22.00   Susu (dengan takaran 240 CC).
Bila malam hari dia terbangun : saya berikan air madu (dengan takaran
120 CC).
Disela jadual makannya, bila dia meminta  : saya berikan air putih.
Mendekati waktu makannya, anak selalu memberikan tanda waktu makan telah
dekat.

Berdasarkan grafik berat badan yang diberikan oleh RS atau Dokter Anak
yang saya kunjungi dia jauh diatas normal.

Mohon masukkan Bapak/Ibu yang telah berpengalaman atau bila ada Dokter
Anak yang juga menjadi anggota Mailing List balita anda.
- Apakah anak saya dapat digolongkan Over Weight ? ...
- Apakah anak saya pertumbuhannya masih dapat digolongkan normal ? ...
- Kalau tergolong Over Weight, bagaimana cara penanggulangannya ? ...
- Bagaimana cara dan kiat untuk mengurangi kegemarannya makan ? ...

Mohon masukkan dan sebelumnya terima kasih.

Salam,
Diah R

Himbuan: Hormati pahlawan REFORMASI, Pasang bendera setengah tiang !