> Terimakasih nih kpd rekan Lily dan Octaviani yg telah menjawab 2
pertanyaan
> saya terdahulu. Kali ini, saya mau tanya lagi :
>
> *Berapa tahun sih idealnya jarak antara anak ke 1 dan ke 2 ? Saat ini
anak
> saya usia 8
>  bulan. Ada yg bilang, krn situasi krisis sebaiknya 5 th. Ada yg bilang,
> lebih pas
>  jarak 3 th. Ada yg bisa memberi pendapat lain ?
--------------------------

Saya pikir tidak ada yang paling ideal, yang ideal bagi satu keluarga
mungkin tidak ideal bagi keluarga lain. Kalo 5 tahun mungkin agak terlalu
lama (bahkan dalam keadaan krismon) Karena sang kakak akan kesepian dan
cenderung menjadi manja/egois. Kadang ada anak yang susah menerima
kehadiran adiknya sehingga cemburu berlebihan.
Tapi kalo terlalu dekat juga repot sekali. Apalagi kalo ibunya bekerja,
bisa kurus deh. (tanpa diet). teman saya pas anak yang besar 6 bulan,
mamanya hamil lagi (kebobolan KBnya). Jadi selisih 2 anak itu 1 tahun 4
bulan. Walah repot sekali, padahal ibunya di rumah aja dan ada 2 pembantu.
Sang ibu sampe kadang mandi paginya jam 11 siang, mandi sorenya jam 9
malam. Itu pun saya liat dia udah "mentegakan" hati kalo sang adik nangis
minta susu (full ASI) sedangkan mamanya lagi makan, yah didiamkan saja .
Paling digoyangin aja di keretanya. Giliran bobo siang, kakak adik ngga
kompak. Kalo kakak bobo, adik melek. Pas kakak bangun, adik bobo. Jadi
mamanya ngga bisa bobo siang. Tanpa diet (malah makannya banyak, demi
produksi ASI) sang ibu tinggal kelebihan 2 kg (sejak sebelum hamil) dengan
usia bayi 4 bulan.

Bukan nakut-nakutin lho......

  Mungkin memang 2-3 tahun yang "paling ideal". Tapi pertimbangan rekan
yang menyatakan bahwa perbedaan 3 tahun   malah akan membuat repot pasa
akan sekolah nanti juga memang betul. Cuma kalo mau positive thinking, kan
Tuhan pasti akan memberikan rezeki pada setiap anak, tul ngga?

Salam, Lily