From:   MIME :[EMAIL PROTECTED]
Sent:   02 Februari 1999 15:32
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        RE: [balita-anda] Susah minum susu

P. Dedy

Saya kurang setuju kalau dikatakan bahwa air putih tidak baik untuk bayi.
Anak saya justru dianjurkan banyak minum air putih, karena selain untuk
membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa susu, juga untuk memperlancar
buang air besar. Menurut pengalaman saya, kalau konsumsi air putih kurang,
pup anak saya pasti susah (keras). Kalau sudah begitu dia jadi enggan pup,
dan akhirnya berakibat pada enggan makan pula.

Kalau untuk bayi Pak Tjandra yang ogah minum susu, saya setuju dengan Ibu
Eva bahwa merk susunya harus diganti. Memang memilih susu bayi susah-susah
gampang. Anak saya mula-mula minum Nutrilon, lalu susu lanjutannya saya
beri Nutrima (sama-sama produk Nutricia) ternyata dia tidak mau. Saya coba
Nutrilon Follow-on juga tidak mau, dan akhirnya baru mau setelah minum
Enfapro. Saran saya, pak Tjandra beli susu kemasan kecil dulu untuk dicoba
pada anak Bapak. Sebaiknya hindari yang rasanya manis, karena baru
peralihan dari ASI.