Hallo Pak Desrul, selamat atas hadirnya si buah hati semoga semakin
menambah kasih sayang dalam keluarga Bapak.
Sudah pernah ada diskusi mengenai BAB, jadi saya forward-kan aja rangkuman
hasil diskusi tersebut. Semoga bermanfaat dan menjawab pertanyaan Pak
Desrul.
Rgrds, Vincent&Ivana

Desrul <[EMAIL PROTECTED]>, 08/02/99 05:03 GMT
     Rekan netter yang terhormat...
Maaf selama ini saya hanya sering memonitor informasi balita dari
rekan-rekan sekalian.... belum punya pengalaman apa-apa tentang
balita...maklum sebagai young couple....baru punya bayi umur lebih kurang
1,5 bulan. Tapi saya banyak mendapat masukan dari rekans sekalian tentang
pengalaman merawat bayi. Baru sekarang memberanikan diri ...mengajukan
pertanyaan...mudah-mudahan rekans sekalian mau membantu ....
Begini, masalahnya...saya dan istri sering kuatir karena si kecil jarang
sekali BAB... kadang-kadang sampai 5-6 hari sekali bahkan pernah sampai 8
hari baru BAB. Apakah ini normal atau sebaliknya ? Selama ini si kecil di
beri ASI (alhamdulillah ASI istri saya lancar). Pernah konsultasi dengan
dokter anak...terus diberi obat tetes (maaf saya lupa nama obatnya)..dengan
dosis dua tetes sehari (diberikan pada malam hari). Setelah diberikan
selama dua hari ...keesokan harinya (hari ketiga) si kecil bisa BAB. Apakah
pemakaian obat ini tidak ada efeknya bagi bayi ?? Atau rekan netters
sekalian punya pengalaman lain ?? saya sangat mengharapkan saran dari rekan
sekalian... Terimakasih sebelumnya.

asep supriadi <[EMAIL PROTECTED], 01/02/99 07:38 GMT
     ----------deleted-------------
Terus saya juga mau nanyain berapa sich frekwensi BAB (buang air besar) dan
BAK (buang air kecil) yang normal pada bayi, soalnya baby saya kayaknya
sering banget BAK (lebih dari 10 kali sehari semalam ) tapi BABnya cuma
sekali atau paling banyak dua kali. O ya, baby saya hanya dikasih ASI saja.
Terima kasih sebelumnya. Wasalam, Asep Supriadi
Hallo Pak Asep, soal BAK sering itu bagus pertanda dia cukup mendapatkan
makanan (artinya tidak kelaparan :)). Lalu soal BAB itu juga wajar dan kalo
masih asi saja, sampai seminggu nggak bab juga nggak apa2, itu kata health
visitor kami. sorry ini nulis nggak keruan soalnya sambil gendong si baby.
bye, vincent&iva
[EMAIL PROTECTED], 02/02/99 01:24 GMT
     Untuk BAB yang paling baik hanya satu-dua kali sehari (menurut dokter
anak kami, prof. dr. di RS Hermina Bekasi) Sedangkan untuk BAK ketika bayi
memang sangat sering karena konsumsi ASI sangat banyak dan belum
mengkonsumsi makanan padat. Semoga bermanfaat.
Eva Kurnia D <[EMAIL PROTECTED]>, 02/02/99 02:38 GMT
     Mengenai frekuensi BAK, memang untuk bayi usia sampai dengan 2 bulan
masih sering. Nanti kalau sudah memasuki usia 3 bulan, frekuensi itu akan
menjadi lebih jarang. Menurut dokter anak saya, bayi yang hanya dikasih
ASI, frekuensi BAB-nya memang jarang. Kadang hanya 1 kali sehari, bahkan
ada yang sekali dalam 5 hari. Selama tekstur faecesnya lembek dan bukan
keras bulat-bulat seperti kotoran kambing, hal itu masih normal.
"Tjandra Irawan" <[EMAIL PROTECTED]>, 02/02/99 05:24 GMT
     Pertama-tama selamat atas kelahiran anak Pak Asep. Anak saya juga
divacuum dan sampai sekarang hampir enam bulan tidak ada masalah. Belum
pernah sakit. Memang tadinya ada benjolan. Bekas darah yang menggumpal,
kata dokter. Namun lambat-laun menghilang sendiri seiring berjalannya
waktu. Soal BAB saya kira masih normal. Semakin besar nanti juga akan
semakin sering BAB-nya. Namun dari pengalaman anak saya tidak sampai lebih
dari 10 kali. Kalau BAK sih sering, tergantung cuaca.

                                  n n n n