Bapak/ Ibu Sunarto,

Boleh ikutan nimbrung soal travelling di masa hamil, khan ??
Saya pernah mengalaminya pak, pada saat itu usia kehamilan saya 1,5 bulan
dan saya harus ke Lombok untuk tugas kantor (dengan pesawat). Kemudian di
usia kandungan 2,5  menuju 3 bulan ke Medan (juga dengan pesawat) terakhir
pada saat usia kandungan 7 menuju 8 bulan ke  Bali juga untuk tugas (jalan
darat Surabaya - Bali).
Tenggang antara 4 ke 5 dan 6 bulan saya tidak melakukan perjalanan, dan saya
sempatkan untuk konsultasi dan periksa, hasil pemeriksaan DSOG menyatakan
kondisinya baik dan disarankan agar memasuki usia ke 9 bulan stop dan
akhirnya saya bersyukur dapat melahirkan dengan selamat. Putri saya (14
bulan) syukur sehat-sehat juga.
Saran saya, sebaiknya sebelum melakukan perjalanan konsultasi dahulu dengan
DSOG Bapak, supaya dapat diketahui kondisi kandungan Ibu dan mana-mana yang
boleh/tidak untuk dilakukan.  Saya rasa kondisi masing-masing ibu yang
sedang hamil berbeda-beda.
Mengenai mana yang terbaik dengan pesawat atau Bus Malam ? pendapat saya
adalah tergantung dananya. Kalau dana mencukupi ya...dengan pesawat , kalau
tidak ya dengan bus Malam.

Demikian, mudah-mudahan bisa membantu dan semoga perjalanan Bapak /Ibu
menyenangkan.

Salam,
Dewi