Mbak Yenni,
Saya pernah memeriksakan perkembangan anak saya di Klinik yang namanya
Yayasan Suryakanti di BAndung,
Kata psikolog di situ, kalau sampai 3 tahun istilahnya test
perkembangan. Jadi yang dinilai adalah perkembanga motorik kasar, halus,
sosial, lalu perkembangan bahasa. Yayasan tersebut ada di jalan Imam
Bonjol Bandung. Sayangnya saya nggak bawa ke kantor nomor telpon & nomor
pastinya. Kalau mau bisa hubungi saya di Japri. Yayasan ini khusus untuk
menangani perkembangan anak. Jadi kliniknya itu lengkap sekali, ada
dokter anak, neurolog anak, psikolog, pedagog, fisioterapis, speech
terapis. Kalau mau test biasanya diminta datang pagi (sebelumjam 11.00)
Biaya test juga relatif murah. Kalau dulu anak saya masih 30.000. Dites
perkembangan lalu di-konsul ke terapis yang diperlukan. Kalau masalahnya
berat biasanya kita akan diminta konsultasi rutin. KAlau tidak ada
masalah kita diajari tips-tips untuk merangsang perkembangan anak,
Anak saya pertama kali dibawa ke sana sekitar umur 3 bulan. Saya hanya
ingin tahu sebenarnya, ternyata dari hasil test perkembangan ada
beberapa faktor yang perlu distimulasi. Untung juga saya pikir, karena
dengan demikian say abis ammabntu perkembangan anak saya.
Mudah-mudahan aada manfaatnya.

Salam,
Dita