Bapak, anak saya (15 bulan) beberapa waktu lalu juga terkena panas dalam dan
dilidahnya ada jamurnya yang berwarna putih. Badannya sempat panas dan dia
hampir-hampir diopname karena susah makan & minum. Menurut dokter hal itu
disebabkan karena lidahnya sakit, seperti kalau kena sariawan. Oleh dokter
diberi obat penurun panas dan "Micostatin", tapi dalam 2 hari jamurnya nggak
hilang-hilang juga (badannya sih udah nggak panas). Akhirnya teman saya
(dokter juga) memberi "Gentian Violet" untuk dioleskan dilidah anak saya
(Disamping diberikan Micostatin sesuai dosis - dihabiskan). Alhamdulillah, 1
hari kemudian jamurnya berkurang dan anak saya jadi mau makan dan minum
sehingga nggak jadi diopname. Menurut info, Gentian Violet juga bisa
diberikan pada anak yang terkena sariawan.