Wah ... terima kasih, banyak sekali pendapat-pendapat yg masuk. Baik yg pro
maupun kontra.
Mengenai dibahas berhari-hari tentang suatu informasi, itu adalah yg
diharapkan oleh kita semua, karena akan memperluas pengetahuan dari
pengalaman-pengalaman netter lainnya. Dan memang dg adanya mailing list
(milis) memungkinkan kita utk "sharing" pengetahuan dan pengalaman masing-2.

Ada 4 milis lainnya yg cukup beragam yg saya ikuti. Namun para anggotanya
memiliki kesadaran thd tata-cara mengirim email melalui milis. Sehingga dari
4 milis tersebut (5 milis dg balita-anda) saya dpt sharing pengetahuan &
pengalaman secara efisien dan sistematis. Bila ada informasi penting,
pengirim "langsung" mengirim informasi tsb. ke milis. Sehingga seluruh
anggotanya dpt langsung menerima informasi tsb, suka atau tdk suka. Bukannya
diberi penawaran informasi, lalu satu-persatu anggota meminta informasi tsb
dg menggunakan jalur milis, bukannya melalui japri. Kalo boleh saya
menghitung, sudah lebih 150 email dalam dua hari ini yg isinya hanya minta
dikirimi informasi.

Mengenai tips-tips dari saya yg disinggung oleh sdr Rahman, yaa baru dg cara
inilah saya memberikan tips-tips mengenai tata-cara ber-milis. Kalo boleh
saya namakan "kode-etik" ber-milis. Ini baru sumbang saran pertama dari
saya. Maklumlah saya baru 10 hari ini bergabung dg milis ini. Utk tips-tips
lain, Insya Allah akan saya kirim bila ada pengalaman yg saya punyai dan
tentunya bila ada yg memintanya. Nggak lucu kan, bila tiba-2 saya memberikan
tips cara mendidik anak yg baik & benar bila tdk ada yg memintanya ...
hehehe...

Tapi terus terang, saya mengikuti milis ini karena saya baru 15 hari
mempunyai anak yg "pertama". Pengalaman masih "nol" besar dan pengetahuan
juga tdk punya karena background pendidikan saya adalah ilmu elektro ! Tapi
saya mempunyai interest yg besar bagaimana kiat-kiat mencetak
manusia-manusia unggul sejak SMA. Ada beberapa literatur dan kliping yg saya
punyai. Kebetulan kedua orang tua saya mempunyai background psikologi
pendidikan, jadi cukup banyaklah literatur mengenai cara mendidik anak yg
baik & benar. Saya bisa merasakan sendiri pendidikan  yg diberikan oleh ortu
saya. Saya tdk dimanja, tapi di didik cukup keras, padahal saya adalah anak
"tunggal" dari mereka ! Pengalaman pribadi ini dapat sewaktu-waktu saya
berikan. Tentunya bila ada yg menanyakan. Saya merasa bila tdk ada yg minta,
saya spt kurang kerjaan saja.

Jadi kpd Sdr Rahman dan Sdri Konita, mohon maaf bila tips-tips ber-milis
tempo hari kurang berkenan dihati anda. Dan tdk benar lho, tiba-tiba saya
marah-marah. Justru saya berusaha utk mengarahkan dan mengefektifkan milis
yg kita cintai ini. Kalo saya marah, pasti saya sudah langsung un-subscribe
dari milis ini.

Demikian tanggapan dari saya, terima kasih.

Regards
Yudi