Anak saya juga pada awalnya begini.  Tetapi itu juga tidak bisa saya pribadi
salahkan si anak.  Maklum waktu itu anak pertama, kalau saya kepasar dia
selalu saya bawa.  Nah, si anak main tunjuk langsung saja saya ambilkan.  Eh
..... setelah anak semakin jelas bicaranya serta semakin pintar mintanya,
segala yang dilihat dipasar mau diambil, saya berikan pengertian betul
dengan tidak mengikuti semua apa yang diminta walaupun ia minta sambil
merengek serta memperlihatkan segala tingkahnya, sampai biasa saya malu
sendiri dilihat orang sepasar.

Nah, setelah tidak diikuti (tetapi ada juga yang saya turuti kalau sudah
minta satu yah tetap itu tidak bisa yang lain lagi) sesampai dirumah saya
beri pengertian kalau juga anak tetap bertingkah saya tetap tidak akan
menuruti maunya bahkan saya tinggal kerja yang lain.

Dan biasanya disekolah ada juga nasihat sehari-hari yang sering dilakukan si
anak.  Pulang sekolah si anak bercerita ke adiknya kalau ini itu tidak boleh
cukup begini saja.  Dan adiknya jawab, iyah kan bu, kalau minta ini tidak
boleh minta itu lagi (memang adiknya lebih pengertian, kalau dia sudah minta
apa yang dia mau sudah, tidak akan minta lagi walaupun yang dilihat lebih
bagus dari pilihannya).

Akhirnya lama-lama anak saya tidak terlalu merengek lagi kalau apa yang
diminta tidak dituruti.

Demikian sekedar pengalaman saya.

Wassalam,