-----Original Message-----
From:                   Ngarto
Sent:                   Tuesday, May 25, 1999 12:14 AM
To:                     Teknologi
Subject:                        RE: [balita-anda] ASI VS Susu Formula ?

Bayi saya, kini usia 5 bulan, tidak lagi mau minum susu formula. Dulu masih
mau, walau sedikit, dan itu jika ibunya tidak sedang di rumah. Sejak usia 4
bulan, yakni ketika sudah saya bawa dari Yogya ke Jakarta, anak saya tidak
lagi mau minum susu formula. Jadi, ia hanya minum ASI. Tidak jadi masalah,
karena ASI istri saya mencukupi, karena ia rajin makan sayur-sayuran,
termasuk daun katu. Dan, ia tumbuh normal, bahkan tampak montok dan
gerakannya gesit, serta tawa dan celotehnya cukup keras. Alhamdulliah ia
senantiasa sehat. Rasa rasa tidak ada pengaruhnya antara minum ASI dan
frekuensi kencing. Anak saya sering kencing dan itu katanya menunjukkan ia
sehat, pencernaannya berjalan dengan semestinya (lancar).
Mengukur banyaknya ASI, saya pikir, itu tergantung kebutuhan bayi. Alam
sudah mengajarkan kepada bayi bahwa kalau bayi merasa lapar, ia akan
menangis. Ibunya harus memberikan air susu. Seberapa banyak susu yang
dibutuhkan, menurut saya, sesuai dengan kebutuhan bayi setiap kali ia minta
disusui. Dan, tentu, orang tuanya harus tanggap kapan bayi menangis minta
minum susu, kapan bayi menangis karena kegerahan, kapan bayi menangis karena
sekadar ingin digendong ayahnya.
Wassalam

Ngarto Februana