Para netters yth.,

Putra saya berumur 3.5 tahun ... dan apabila digendong menyamping di
perut/dada kita (di eyong istilah bhs. Sunda-nya) ... kelihatannya dia tidak
suka dengan seringnya dia meronta-ronta dan menangis. Nampaknya dia lebih
menikmati, dan aktif (kepala berpaling ke kiri dan kanan pada obyek yang
menarik)  jika:
(a) digendong menghadap ke belakang dengan posisi kepala di pundak kita
(seperti habis menyusui dan akan kita dorong untuk bersendawa), atau
(b) digendong menghadap kedepan dengan posisi satu tangan kita di dada dan
satu di (maaf) pantatnya.

Yang ingin saya tanyakan, apakah posisi gendong (b) sudah bisa dilakukan dan
tidak berbahaya untuk (tulang punggung dan leher, misalnya) bayi seusianya?
Jika berbahaya, kapan kira-kira umur yang tepat untuk dilakukannya cara
menggendong menghadap ke depan tersebut?

Terimakasih sebelumnya,

Wassalam, Didit