Berita seperti ini adalah salah satu berita provokasi yang pasti bermuatan
misi
adu domba antar etnis dan antar umat beragama.
Surat lain dalam tulisan bahasa inggris juga sudah saya baca tapi dengan
redaksi yang berbeda dan
informasi yang dituliskan lebih sedikit dari surat ini.
Jadi ada kemungkinan surat ini sudah dilebih-lebihkan atau dikurangi dari
surat provokasi yang asli.

Sekarang tinggal bagaimana kita menyikapi surat-surat seperti ini.Apakah
dengan mudah kita ikut
menjadi provokator dengan menyebarkan mail seperti ini.Masing-masing kita
tentu punya alasan tersendiri
untuk berbuat.Tapi sekali lagi saya harapkan jangan mudah terpancing dan
percaya surat-surat seperti ini.
Ditambah lagi isi dari surat ini saya yakini jauh dari benar.

ketakutan/trauma kita akan peristiwa Mei tahun lalu memang masih ada.Tapi
kita harus bertindak wajar/tidak panik sehingga target provokator itu tidak
tercapai.Banyak contoh:Adanya selebaran gelap yang ditebarkan
diperumahan-perumahan warga dengan maksud menakuti penghuninya ternyata
tidak terjadi, Syukurlah hal tsb tdk terjadi.
Contoh lain:umat islam sendiri dipancing dengan provokasi peledakan masjid
istiqlal tapi umat islam tidak terpancing.

Saya mengharap umat lain dan terutama etnis tionghoa jangan mudah percaya
akan surat provokasi ini dan tidak turut
menyebarkan surat-surat seperti ini seperti kemauan provokator.Dan saya
yakin bahwa umat islam sangat menghargai dan menghormati sesama manusia.

salam,

Dwitas