Pak Hendri,
Selama anak masih bisa berkonsentrasi pada suatu hal dalam beberapa menit misalnya
melihat gambar di buku mendengar ibunya mendongeng atau menonton TV, maka dia bukan
termasuk anak hiper aktif. Kalau hanya suka melakukan banyak hal maka berarti
energinya sangat besar dan harus disalurkan dengan permainan. Tingkah anak harus kita
batasi kalau sudah menjurus ke hal-hal yang dapat menmbahayakan dirinya dan orang
lain. Agar kita tidak selalu melarang anak melakukan aktifitas maka areal tempat dia
bermain (rumah, halaman, jalan) harus dibersihkan dari hal-hal yang dapat membahayakan
beberapa contoh :
1. Taplak meja beserta hiasan, stoples, aksesories lain di atas meja.
2. Perabotan yang ujungnya runcing (ujung meja, kursi)
3. Sakar listrik.
4. Laci yang gampang dibuka
5. Obat-obatan, obat nyamuk semprot, pupuk tanaman
Kadang kita hanya bisa melarang anak setelah anak melakukan sesuatu tapi tidak bisa
melihat apa sebenarnya yang tidak boleh dia lakukan karena membahayakan dia dan orang
lain.
Demikian dari saya.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit RisTI - Telkom
Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung-Indonesia
E-mail: [EMAIL PROTECTED]
Learn Telecommunication Technology at http://www.gematel.com
http://www.ristinet.com - See the difference think better