Maaf, kok kayaknya saya terlewat mengenai email buku Glenn Doman ini.
Apakah buku ini mengenai cara mengajar bayi membaca? Kalau memang iya,
terakhir saya masih lihat di Gramedia masih dijual buku tsb (di bagian
Psikologi Anak, kalau enggak salah).

Saya agak ragu juga pada awalnya dengan kebenaran buku tersebut. Rasanya
kok terlalu mengada-ada. Tapi melihat perkembangan anak saya (umur 20
bulan) sekarang ini, saya jadi berpikir apa itu yang namanya proses belajar
baca ala Glenn Doman. Mungkin secara tidak disadari, anak-anak kita memang
jauh lebih pintar dan jauh lebih banyak menyerap sesuatu hal daripada yang
kita bayangkan. Misalnya, waktu bepergian, tiba-tiba anak saya
teriak-teriak "Odak... odak..." (masih cadel). Awalnya saya bingung juga
dia teriak apa, cukup ngotot juga dia. Kemudian, di rumah saya 'ngeh', dia
ternyata nunjuk tulisan "KODAK." Rupanya sering lihat iklan Kodak yang
mensponsori salah satu quiz di TV. Terus waktu kampanye kemarin, dia tahu
mana bendera/tulisan/balon PAN, PDIP, PKB, Golkar, PPP, PBB, PKB, Pilar
(even ibunya enggak tahu kalau partai tersebut exist!), dll. Dia juga hafal
wajahnya Pak Habibie, sehingga kalau di berita ada presiden kita itu, yaa
dia teriak "Pak Abibi...." Banyak lagi yang lainnya sampai kadang-kadang
saya sendiri terheran-heran. Yang aneh, kalau saya suruh tunjuk
huruf-huruf, dia kayaknya kehilangan minat.

Apa ini yang dibilang proses belajar membaca, atau itu sekedar hafalan saja?

Dina T.