Istri dan anak saya juga mengkonsumsi Prenagen dan Chil Mil.  Karena itu
kami sempat khawatir apakah produk tersebut bebas dari dioksin atau bahan
toxic lain yang mungkin masuk saat proses produksinya.

Oleh karena itu beberapa hari yang lalu saya mengirimkan email ke PT.
Sanghiang Perkasa guna menanyakan tentang hal tersebut.  Singkatnya saya
ingin mendapat kepastian apakah pada produk jadi itu sendiri (Prenagen dan
Chil Mil) telah dilakukan test/ uji lab untuk memastikan bahwa produk
tersebut aman untuk dikonsumsi, dan kalau ada saya ingin mendapatkan
buktinya (sertifikat atau hasil lab.).

Tetapi sampai saat ini saya tidak mendapat tanggapan dari pihak produsen,
sehingga untuk sementara waktu saya simpulkan mereka belum melakukan test
terhadap produk jadinya.  Dan mereka mendasarkan pernyataan bahwa produk tsb
bebas dioksin hanya dari sertifikat Departemen Kesehatan negara Belanda
bahwa bahan bakunya bebas dioksin.  Sementara bagaimana dengan bahan baku
tambahan dari dalam negeri ?  Apakah sudah bebas dioksin atau bahan toxic
lain ?  Bagaimana  dengan proses produksinya ? apakah dapat dijamin bebas
dari kontaminasi selama proses produksi berlangsung ? Ini yang masih belum
terjawab dengan pasti.

Mungkin saya berlebihan tetapi saya pikir kita harus kritis terhadap hal-hal
semacam ini karena seringkali produsen di Indonesia kurang tanggap dan mau
menangnya sendiri (tidak mau rugi), sehingga mereka cenderung mengabaikan
konsumen dan mencari jalan termudah (dan termurah) dalam menyelesaikan
masalah seperti ini.