Kalau boleh saya ingin ikut menambahkan berdasarkan pengalaman kakak saya
yang mungkin bisa jadi informasi yang berguna.
Pada kehamilan pertama, kakak saya mengalami keguguran karena terkena virus
toksoplasma.
Lalu selang satu tahun kakak saya hamil lagi, dengan kondisi masih mengidap
virus toksoplasma dan ada mioma di sebelah kirinya. Dimana sebelumnya tidak
terdeteksi bahwa dalam rahim kakak saya ada mioma. Pada mulanya dokter
kandungannya (Dr. Ali Baziad, dokter tetap di RSCM) menyarankan untuk
diaborsi, tetapi kakak saya menolak.
Dokter mengatakan "resikonya sangat fatal dan kemungkinan ibu mengalami
mulas-mulas selama sembilan bulan". Dan akhirnya kakak saya menjalani
kehamilannya dengan resiko tersebut. Karena kakak saya seringkali mengalami
mulas dan berbagai macam keluhan, maka tiap kali dia merasakannya tiap itu
pula dia ke dokter dan hampir pada tiap kunjungannya ke dokter dia di USG.
Bisa dikatakan dia di USG lebih kurang seminggu sekali mulai dari usia
kandungan enam minggu selama kehamilannya  untuk mengetahui keadaan
janinnya karena sejalan dengan perkembangan janin, mioma yang ada dalam
rahimnya ikut membesar dan berkembang pula. Alhamdulillah dengan operasi
cesar keponakan saya lahir dengan selamat, dan sekarang usianya hampir 4
tahun (lahir 4 Oktober 1995). Tidak terlihat ada kelainan karena efek
samping dari seringnya di USG.
Sekarang dia menjadi anak yang lincah dan cerdas melebihi anak-anak
seusianya.

"Riyawanti, Diah (GEL, GELI)" <[EMAIL PROTECTED]> on 07/01/99
10:31:49 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]