Dibawah ini adalah kumpulan topik Mimisan yang telah dibahas sebelumnya.
Semoga berguna.

Dina

E-mail dari "ute_rid_csys"@ut.astra.co.id

Saudara Purnomo.............
Mimisan itu sebenarnya adalah pecahnya pembuluh darah yang berada di rongga
hidung, kebetulan keponakan saya juga yang bapaknya seorang dokter sama
kasusnya, pecahnya pembuluh darah ini sebabnya bermacam-macam tetapi salah
satunya akibat kepala terlalu panas yang panasnya bisa didapat dari
lingkungan atau dari dalam tubuh sendiri, dan ini juga tergantung dari
kekuatan anak masing-masing, kalau hal tersebut dikarenakan dari lingkungan
hal tersebut tidak terlalu membahayakan dan penanggulangannya adalah
mendinginkan kepala dengan cara membasahi kepala, tetapi lain hal kalau
dari dalam tubuh hal tersebut harus benar-benar diteliti melalui pemeriksa
darah, ronsen dan lain sebagainya tergantung dari diagnosa dokter tersebut.
Seorang dokter biasanya akan tahu penyebab mimisan itu dengan cara
menanyakan kepada pasient pada kondisi kapan terjadinya, apakah saat anak
main atau anak dalam keadaan tidur atau lain sebagainya. Kalau atasan bapak
telah konsultasi ke dokter ternyata dokter tersebut mendiagnosa tidak
apa-apa, atasan bapak tenang-tenang sajalah.

Wass,
Mardanil

Email dari: [EMAIL PROTECTED]

Yang saya lihat, biasanya kalau orang mimisan (keluar darah dari hidung)
kepalanya dibasahin.  Dan ini juga saya lihat sewaktu berada di tanah suci
orang dari negara lain mimisan menyiramkan air es ke-kepalanya.  Ada
manfaatnya atau tidak, saya kurang jelas betul.

Wassalam,

E-mail dari: Ina Emira <[EMAIL PROTECTED]>

Pak Pur,
Saya dulu punya teman sewaktu SD yang sering sekali mimisan.  Kalau dia
sedang mendapat serangan di sekolah, guru kami langsung meminta dia
berbaring, kemudian kepalanya dikompres.  Selain itu juga guru kami
memberikan sobekan "daun sirih" ke hidungnya.  Memang sich kalau si anak
tidak terbiasa dia akan berontak, tapi cobalah untuk memberikan pengertian
bahwa itu cuma sebentar saja & supaya darahnya berhenti.

Getah pada daun sirih tersebut sangat ampuh untuk menghentikan mimisan tsb.
Daun sirih tsb. digulung kemudian disobek sehingga keluar getahnya &
dimasukkan ke lobang hidung (3 - 5 menit atau jika mimisannya cepat
berhenti, dauh sirih tsb. sudah bisa dibuang).  Silahkan mencoba.... semoga
berhasil!

Wassalam.

Ina Emira Irwansyah
PT. Kaltim Prim Coal
Hatari Department
Phone:  +62 549 521538         Fax    :  +62 549 521586
e-mail :  [EMAIL PROTECTED]
Postal Address: PO Box 620, Balikpapan 76106

At 12:55 AM 7/2/99 PDT, you wrote:
>Halo semuanya,
>
>Ada yang tahu bagaimana cara menghindarkan/mengurangi
>mimisan pada anak (3 1/2 tahun), katanya sih panas dalam.
>Apakah ada makanan tertentu yang harus dihindari atau malah
>dianjurkan ?
>
>Salam,
>Juli

>Kunjungi:
>http://www.balita-anda.indoglobal.com
>"Untuk mereka yang mendambakan anak balitanya tumbuh sehat & cerdas"

>Saran/ kritik/pertanyaan mengenai milis, email ke:
[EMAIL PROTECTED]