Mbak Susy,

untuk mengatasi anak yang agak sulit diajak belajar membaca, kita bisa
mengajarkan sambil bermain, misalnya saja bermain sekolah2an atau meminta
anak berpura2 menjadi seorang dokter.

Kalau bermain sekolah2an, kita berpura2 menjadi guru dan meminta anak kita
sebagai murid untuk membaca di papan tulis.  Atau anak kita sebagai dokter
dan kita berpura2 sakit, lalu anak kita sbg dokter membuat resep obat untuk
kita.  Kita ajarkan bagaimana mengeja tulisan, misalnya obat batuk, pilek,
dsb.

Waktu anak saya di TK, saya sering sekali mengajarkan dengan cara tersebut.
Mudah2an anak mbak mau diajak belajar seperti itu.

Salam,
Sisi