Rekan Mardanil,

Mengenai kerisauan Bapak mengenai perilaku putri Bapak itu adalah gejala yang
normal.  Anak saya pun melakukan hal yang sama dan hal itu saya anggap wajar
karena setelah saya sharing dengan teman-teman lain anak mereka juga begitu.
Perilaku ini mungkin merupakan bagian dari perkembangan kemampuan anak untuk
mengenal diri sendiri.
Biasanya keisengan  itu muncul pada saat anak tidak memakai celana atau pas
mandi, maka saya selalu segera mengganti celananya (kalau ngompol) dan
mengalihkan perhatiannya.

Saya pernah mengikuti acara TV khusus mengenai balita dan kebetulan membahas
masalah ini.  Menurut psikolognya sebaiknya orang tua harus memahami dulu bahwa
seks itu tidak hanya berhubungan dengan alat kelamin atau proses reproduksi
saja. Tetapi seks itu termasuk juga perbedaan antara laki-laki dan perempuan
sebagai dasarnya kita bisa memberikan pelajaran sederhana dengan menunjukkan
bahwa yang pakai kumis itu laki-laki, yang pakai rok itu perempuan.

Mudah-mudahan diantara rekan milis balita ada yang bisa   menambah atau
meluruskan informasi ini.

Wassalam,
Jeni