Saya punya anak laki-laki 4 th ( Agust. yad), bicaranya sudah banyak,
sangat suka cerita, tetapi belum bisa mengucapkan s, f dan skitarnya.
Gigi depan anak saya memang sudah "habis", saya sungguh sangat
menyesal dan sekarang saya sedang berusaha keras mempertahankan
yang masih ada. Saya pernah baca, tiadanya gigi depan memnyulitkan
anak mengucap huruf desis tersebut.

Saya sering mengajarkan, misalnya dengan memintanya mengucapkan
"sssss-sa", tetapi dia mengucapka "ssss-ta". Saya khawatir hal ini akan
berakibat kurang baik. Salah satunya yang saya rasakan adalah dalam
mengajari IQRA, ketika alib, ba, ta, nggak ada masalah, tetapi begitu
"tsa" anak saya tidak bisa mengucap, dan dia menghindar dengan
mengatakan "tidak bisa". Dia tahu huruf apa, tetapi tidak bisa mengucapnya.
Akibatnya, susah beranjak lebih lanjut ke huruf-2 lain, apalagi huruf Arab
banyak versi "s"-nya.

Apa ada yang bisa membantu untuk mengatasi permasalahan saya ?

Thanks,
Warsono
e-mail : [EMAIL PROTECTED]
http://come.to/fos-islam