Alergi bukan hanya disebabkan oleh makanan, namun dapat terjadi karena zat yang
dianggap allergen (yang menyebabkan alergi) oleh tubuh, antara lain, serbuk sari
bunga, kutu dan bulu binatang, debu rumah tangga, dll.
Untuk anak bapak kalau memang diyakinkan bahwa bukan makanan penyebabnya, mungkin
perlu diperhartikan suasana di rumah, apakah memang udaranya sedang dingin, apakah
sirkulasi udara nya cukup,apakah banyak gorden, tirai, karpet, jok kursi, bantal hias
dan perabot lain yang mungkin menyimpan debu.
Untuk menghilangkan alergi tidak ada cara lain kecuali menghilangkan penyebab
alerginya. Kalau usia anak bapak sudah 2 tahun maka bisa dilakukan tes alergi untuk
mengetahui bahan apa yang menjadi allergen.
Obat yang biasa saya pakai untuk anak saya saat alergi adalah Fenistil dalam bentuk
drop, tapi ini harus dengan resep dokter, biasanya reaksi obat tersebut sudah terlihat
dalam waktu 10 menit, gembung dan gatalnya berkurang.
Demikian dari saya, semoga bermanfaat.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit RisTI - Telkom
Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung-Indonesia
E-mail: [EMAIL PROTECTED]
Learn Telecommunication Technology at http://www.gematel.com
http://www.ristinet.com - See the difference think better