>bayi saya kalo lagi minum ASI (di saat ASInya lagi penuh) seringkali
>tersedak.. apa bahayanya kalo bayi sering tersedak begitu?

Tersedak adalah cara tubuh mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam
jalan napas. Jika banyak udara yang dikeluarkan paru-paru, maka benda itu
dapat dibatukkan kembali dan masuk ke dalam mulut.

Bahayanya adalah jika bayi tidak dapat mengeluarkan benda tersebut... tetapi
karena yang masuk adalah ASI (cair) tampaknya kemungkinan bahaya sampai
tersumbat jalan pernapasan yang mengakibatkan tidak sadar diri sangat kecil.
Kasihan saja ke bayinya.... lagi nikmat-nikmatnya minum ASI eh... tersedak.

Upaya pencegahannya adalah jangan memberi ASI yang penuh. Jika penuh,
keluarkan ASI terlebih dulu sebelum disusui ke bayi, di samping itu
terangkan ke bayi bahwa Ibu tidak dapat mengontrol jalannya ASI, mungkin
deras sampai 'mencer'. Sehingga bayi juga diharapkan bisa mengatur jalannya
ASI dengan cara menekan dengan lidahnya atau melepaskan teteknya dulu,
sebelum minum kembali.

Best Regards,
Wissyarfi (Ibu Widiawan)
World Booker