Sekedar berbagi pengalaman...

Istri saya pakai KB spiral, 40 hari setelah kelahiran. Soal mens nya, baru
saja mulai lagi minggu lalu, setelah anak saya berumur hampir 17 bulan.
Bayangkan, 17 bulan tidak mens! Bahkan puasa tahun lalupun pun bisa penuh 30
hari! Tapi kata dokter itu normal, bukan karena KB nya tapi karena menyusui.
Kebetulan istri saya masih menyusui sampai sekarang. BTW, kenapa nggak
ditanyakan saja kedokternya saat suntik nanti?

Kalau saya pikir2x sebenarnya Tuhan telah memberikan aturan yang enak buat
kita, kalau ibu menyusui otomatis mens terhenti, jadi anak bisa  mendapatkan
perhatian yang cukup dari ibu tanpa gangguan/ terbagi dengan datangnya adik
baru, sampai umur tertentu. Nggak perlu kb segala.

Cuma manusia memang suka melawan alam...

wassalam,
Bayu.