Mbak Mira yth.,

Bayi saya umurnya 3,5 bulan, dan dari usia 1 bulan sudah nggak mau digendong
"tidur".. selalu ngamuk sampai mukanya jadi ungu. Jadi maunya digendong
menghadap ke belakang, dengan kepala di pundak kita. Tapi cara menggendong
ini juga hanya bertahan sampai usia 2 bulan, lalu dia mulai bosan dan
mengamuk juga kalau digendong gaya begini. Akhirnya saya tanyakan ke DSA,
beliau mengajarkan untuk menggendong dalam posisi "tiduran", tapi tangan
kita di sisi mana dia kita letakkan menyangga punggungnya dan telapak tangan
memegang pantat - masuk ke antara selangkangannya (misalnya kita menggendong
dia disebelah kiri, maka tangan kiri kita berada di bawah badan dia, dan
telapak tangan kiri kita memegang pantatnya). Dengan begitu kepalanya bisa
berada agak tinggi, di sekitar ketiak / bahu kita. Jangan lupa tangan yang
satunya merangkul dada / perutnya, untuk menjaga supaya dia tidak oleng /
jatuh.

Lama kelamaan, bayi saya jenuh juga dalam posisi gendong seperti itu dan
memang lebih suka digendong menghadap ke depan / seperti posisi duduk.
Menurut DSA saya, kalau dia belum mengambil posisi duduk sendiri memang
jangan dipaksa, tapi caranya bisa seperti di atas, tapi sebaliknya tangan
kita merangkul si bayi di bagian depan, jadi seperti selempang di dada dia,
dari pundak dan telapak tangan masuk ke selangkangan. Dengan begitu, bagian
belakang / punggung si bayi menempel di dada kita secara lurus, tidak
bengkok seperti kalau ia didudukkan.

Bayi saya juga suka digendong gaya "helikopter", jadi sewaktu digendong dia
dalam posisi tengkurap. Sampai sejauh ini, dua gaya terakhir inilah yang
masih "laku".

Mudah-mudahan Mbak Mira tidak justru bertambah bingung membaca tulisan saya,
ya.. Soalnya saya sendiri juga sebetulnya rada bingung menggambarkan posisi
menggendong lewat tulisan. Semoga, biar sedikit, tulisan ini ada manfaatnya
ya Mbak. Salam buat si kecil!

Salam,
Hanni S. Armansyah