Saya sendiri dulu juga menderita alergi terhadap makanan laut. Tapi waktu
masuk SD, DSA yang merawat saya menganjurkan agar orangtua saya justru
memberikan makanan laut, untuk melawan alergi tersebut. Ternyata memang saya
kemudian tidak alergi lagi terhadap makanan laut. Tapi yang perlu dicatat,
bedanya saya waktu disuruh "melawan" alergi dengan cara justru mengkonsumsi
sumber alerginya itu sudah agak besar (sudah SD), nah, kalau Valerie kan
baru 10 bulan ya..

Yang saya tahu, penyebab alergi itu sendiri macam-macam ya.. jadi mungkin
treatment-nya juga macam-macam, tergantung kasusnya. Orang yang berkasus
sama saja kadang penanganannya beda, apalagi yang kasusnya beda. Jadi coba
saja turuti saran DSA dulu, sebagai ahli tentunya dia punya pertimbangan dan
pengetahuan yang lebih dari kita.

Kalau tentang pantangan makan telur, tomat dll. itu.. saya juga pernah
dengar. Katanya itu adalah jenis makanan yang memicu timbulnya alergi pada
bayi, jadi sebisa mungkin jangan dikonsumsi sampai ia sudah "mapan" dalam
mengkonsumsi berbagai macam makanan (jangan diberikan saat ia baru mulai
mengkonsumsi makanan tambahan). Maksudnya memicu itu, katanya kalau saya dan
/ atau suami alergis terhadap sesuatu, ada kemungkinan sifat alergis itu
muncul juga pada anak saya kalau dia terlalu dini mengkonsumsi bahan makanan
tsb. Tapi nggak tahu juga ya, apakah ini benar atau tidak. Saya sendiri
belum mencoba karena sampai sekarang bayi saya kan masih hanya minum ASI
saja. Rekan-rekan yang lain apakah ada yang pernah mendengar dan mencoba ?

Salam,
Hanni S. Armansyah