Ha..ha.. si kecil pasti lagi lucu-lucunya ya. Anak memang begitu,
     Bu/Pak (Maaf, saya pakai program lotus ccmail jadi tidak ketahuan
     pengirimnya kecuali author balita-anda). Mereka cepat sekali merasa
     aneh akan sesuatu. Saya rasa dia hanya merasa aneh, atau pernah punya
     pengalaman tidak enak saat pertama kali belajar. Terjatuh atau
     lantainya dingin sekali misalnya. Memang umur 8,5 bulan sudah layak
     untuk diajari jalan. Tapi, sebaiknya tidak dipaksakan. Karena setiap
     anak tidak sama. Ada yang malas sekali malah. Keenakan digendong kali
     ya.. Ya memang mereka akan melihat kakinya. Pasti saat itu kakinya
     tergantung-gantung kan? Pasti lucu sekali dia. Kenapa mesti dibedong?
     Dari yang saya baca, dibedong itu gunanya hanya untuk menghangatkan.
     Tidak lebih dari itu. Anak umur 3 minggu saja marah kalau dibedong
     apalagi 8,5 bln yg nota bene sudah kuat. Pantas saja lepas terus..

     Apakah saat disuruh berjalan dia resah, atau kesakitan mungkin? Bila
     dia memang menjinjit tapi tidak menangis kesakitan, saya rasa tidak
     ada masalah. Bila dia kesakitan dan tidak mau menginjakkan seluruh
     tapak kakinya, kemungkinan (sekali lagi kemungkinan) urat di atas
     tumitnya pendek. Masalah ini dialami oleh Minati Atmanegara pada anak
     lelakinya. Dimana urat belakang tumit tidak berkembang. Sehingga
     anaknya sempat berjalan merangkak. Padahal umurnya sudah 8-9 tahunan.
     Pengobatannya diurut di Cimande itu loh. Caranya dengan suatu macam
     cara sehingga uratnya tumbuh mengejar ketinggalannya. Aduh.. tak
     terbayang sakitnya ya. Tapi sekali lagi itu cuma kemungkinan loh.
     Semoga anak Ibu/Bapak tidak begitu ya. Kalau sudah bisa jalan, kasih
     tau kita-kita ya..

     Salam,
     Dian