Ibu Intan, terimakasih sekali atas keterangan yang anda tulis. Saya sebenarnya
setuju dengan pesan yang anda tulis itu karena anda toh tidak menyebut nama
rumahsakit dan dokternya. Namun  begitu ada rekan-rekan lain yang ingin diberi
tahu nama rumahsakit dan dokter tersebut, saya jadi tergerak untuk menulis
tanggapan.

Saya hanya takut bila nama rumah sakit dan dokter tersebut tersebar luas maka
mereka akan divonis buruk oleh masyarakat (baca:dihukum) tanpa mereka punya
hak untuk menjelaskan atau membela diri. Mereka kan mungkin tidak ikut milis
balita-anda kita ini kan? Saya merasa kebanyakan dari kita tentu bisa memilah
dengan sebijak mungkin namun kita tentu tahu bahwa bila ada rantai informasi
yang beredar di masyarakat maka entah di rantai ke berapa kemungkinan bahwa
info tersebut akan berubah sangat besar.

Karena itu pada kasus-kasus seperti ini, saya tetap lebih mendukung bila nama
mereka harus disebar luaskan maka lebih baik disebar luaskan secara resmi,
dari pada dari mulut ke mulut atau dari e-mail ke e-mail. Misalnya bila tidak
melalui pengadilan bisa juga melalui sidang majelis kehormatan dokter(? apa ya
namanya ....mungkin hubungi IDI) atau mungkin cuma keterangan pers resmi oleh
pihak rumah sakit dan IDI sehingga penyebar luasan kesalahan mereka bisa pas
dan bertanggungjawab. Tidak lebih dan tidak kurang karena dibahas oleh
ahli-ahli lain. Penjelasan dari si tertuduh tadi juga harus didengar sehingga
kita bisa berlaku adil.

Di lain pihak, penyebab kelalaian tersebut dapat terungkap jelas sehingga
diharapkan dapat menjadi peringatan bagi rumah sakit dan dokter lainnya untuk
mencegah terulangnya kejadian yang sama.

Saya juga tidak ingin berpolemik. Namun saya hanya ingin supaya kita semua,
anggota milis balita-anda ini terbebas dari kemungkinan untuk secara tidak
sadar menjadi salah satu mata rantai fitnah dan gosip bila ternyata dikemudian
hari ada yang menambah-nambah dan membumbui berita ini dengan tak
bertanggungjawab.

Sekian dan terimakasih sekali lagi atas perhatian anda.

Get free email and a permanent address at http://www.netaddress.com/?N=1