Hendra Nur Arifin wrote:

> Rekans yth
>
> Mohon informasi tentang penyebab dan penanganannya mengenai rasa sesak yang
> sering dialami sang ibu terutama saat usia kandungannya di atas 7 bulan.
> Secara medis baik ibu dan kandungannya dinyatakan sehat.
>
> Terimakasih
>
> salam
> hna
>
> Kunjungi:
> http://www.balita-anda.indoglobal.com

>[EMAIL PROTECTED]
>
> Panduan Menulis Email yang Efektif http://hhh.indoglobal.com/email/

Bp. Nur Arifin,

Saya pernah mengalami rasa sesak (napas) pada umur kandungan diatas 7
bulan. Menurut dokter kandungan saya, hal tersebut disebabkan karena
kondisi rahim yang membesar dengan berat badan bayi yang semakin besar
dan menekan rongga dada sang ibu.
Saran dokter saya adalah tidur miring atau menyempatkan duduk relax
sebentar sebelum tidur dan menarik napas dalam-dalam dan dikeluarkan
melalui dada pelan-pelan. Jika memakai AC, agar dipasang pada suhu kamar
yang sejuk dan kalau saya kaki saya beri selimut.
Saya hampir atau jarang tidur terlentang menginjak usia kehamilan 6
bulan keatas (sekarang saya sedang hamil 6 bulan keatas), karena
mengganggu pernafasan saya, oleh karena itu saya tidur miring dengan
bertelekan guling/bantal diantara kedua kaki saya dibawah dan guling
dipunggung saya. Jika bayi saya didalam tidak suka posisi miring kekiri
saya dia akan protes dengan terus menendang-nendang dinding perut saya,
maka saya akan berbaring ke kanan. Selain melancarkan oksigen ke bayi
juga akan membuat saya nyaman tidur hingga pagi hari.
Cara duduk yang tepat dan tegap juga akan mengurangi rasa sesak napas
tersebut, dan jangan stress pikiran.

Demikian sedikit pengalaman saya mengenai rasa sesak tersebut.