Sepengetahuan saya pemeriksaan dari bawah hanya dilakukan bila dokter
curiga ada sesuatu di situ (bila pasien mengeluhkan ada kelainan di situ),
misalnya adanya infeksi karena keputihan, dimana dokter perlu mengambil
cairan dsb.  Tetapi bila pemeriksaan kandungan setiap bulan biasanya lewat
USG dari atas perut atau sekedar diraba pakai tangan (dari atas perut)
untuk mengetahui posisi si bayi.

Sebetulnya banyak RS yang ada alat USG di setiap kamar praktek dokter,
misalnya di RS Mitra Keluarga Jatinegara, RS Bunda, RS Hermina Jatinegara
(tidak semua), RS MMC, RSPAD Gatot Subroto.

Sekian & mudah2an bisa membantu.

----------
> [...]
alat
> USG langsung di tempat praktek dokter kandungan.......sehingga jika ada
> pasien....langsung bisa diperiksa di Usg yang bisa dilihat langsung di
> monitor........sedangkan di dokter kandungan lain....hanya meraba dari
> bawah (maaf) dan dari luar saja........
> mana yang lebih baik, ya ????? atau ada masukan dari rekan netters di RS
> mana lagi yang ada dokter kandungan yang langsung bisa memonitor
> kandungan......karena di RS Mitra Bekasi sangat jauh dari lokasi rumahnya
>
> terima kasih sebelumnya atas jawabannya.......

Internet