Wayan Andrianata wrote:

> Dears netters,
>
> Rekan saya melahirkan secara cesar, dua bulan setelah operasi dia
> mencoba senam di rumah
> namun akibatnya nyeri di perut terasa lagi.
> Barangkali ada rekan-rekan yang tahu berapa lama sebenarnya setelah
> operasi diperkenankan untuk melakukan pekerjaan rada berat atau
> senam-senam gitu ?
>
> Hal lain... Dokter memang menganjurkan sebaiknya baru setelah 3 (tiga)
> tahun boleh hamil lagi,
> namun ada kekhawatiran terjadi kegagalan KB... katakanlah hamil sebelum
> waktu 3 tahun itu apa yang harus dilakukan ???

> [...]

Saya mengalami operasi caesar pada bulan Mei 1998, dan rasa nyeri di
perut itu saya alami hingga 5 bulan setelah caesar. Untuk obat jahitan
saya  minum jamu cina (saya lupa namanya tapi banyak terdapat di kota,
dan tanya sama sinshe kota). Setelah itu saya tidak pernah ikut senam
atau mengerjakan pekerjaan berat selain menggendong bayi waktu menyusui,
sehingga tidak terjadi rasa nyeri yang sangat.
Memang dianjurkan agar tidak senam s/d 6 bulan setelah operasi karena
menunggu luka dalam agar mengering. (dalam hal ini badan memang menjadi
melar/gemuk).

Saya dianjurkan untuk hamil lagi setelah anak pertama berumur 2 tahun,
tetapi saya kebobolan (karena belum KB) dan hamil sekarang masuk 7 bulan
dengan umur anak saya yang pertama 16 bulan. Kehamilan saat ini
alhamdulillah baik-baik saja, walaupun saya capek karena harus
menggendong sana-sini anak saya kalau lagi rewel, atau terjaga lama
malam hari kalau anak saya bangun. Semua kelancaran dan hal yang
mustahil bagi manusia kembali kepada yang diatas. Karena DIA yang lebih
tahu dan merasakan kita.
Jangan kuatir akan hamil lagi, tapi kalau bisa diatur.