Saya punya pengalaman ttg payudara yg lecet, yang keterusan shg
mengakibatkan penderitaan yang lebih serius.
Mungkin saya bisa menambahkan mengenai kemungkinan adanya efek lain karena
lecet di payudara.

Pada minggu pertama menyusui (apalagi anak pertama), menyebabkan rasa yang
aneh saat puting diisap dede.
Dan karena menghisapnya hampir tip 2-3 jam sekali,...ini mengakibatkan
seperti iritasi/lecet. Dan karena saat itu saya belum tahu, tanpa
sepengetahuan ibu,suami atau orang lain,...saya hentikan menyusui pada
satu payudara yang putingnya lecet...hingga sehari semalam.
Setelah agak kering lukanya, baru saya berikan lagi, demikian bergantian
kanan dan kiri, masing-masing saya hentikan sehari-semalam.

Namun ternyata, seminggu kemudian saya mengalami peradangan pada payudara
saya karena ASI yang tertahan, dan ini rasanya jauh lebih sakit...Saya
diberi salep Kamillosan utk lecetnya, belakangan, setelah rasa nyeri
karena radang itu saya baru ke dokter....dan salepnya memang manjur,..
NAmun ternyata justru akibat peradangan itu, saya harus mengalami ekstrasi
(operasi utk mengeluarkan asi yang telah menjadi nanah di dalam saluran
susu...istilah medisnya lupa.) dan itu lebih sakit lagi,...dimana setiap
hari saya kontrol ke dokter bedah utk mengeluarkan nanah dan mengganti
kasa yg digunakan utk rembesan nanah tsb)....(ma'af agak jorok
penyakitnya).

Demikian itu pengalaman saya akibat lecet kecil pada puting. Saya hanya
bermaksud mengingatkan efek lain bila lecet itu dicuekin, atau bahkan
malah membuat kita berhenti memberikan ASI sekalipun hanya dalam ukuran
jam (lk 24 jam)

Dan yang perlu diperhatikan lagi, agar setiap kali setelah menyusui segera
dibersihkan puting nya dh kapas yang dibasahi dg air matang, agar lecet
tsb tidak dimasuki bakteri yang mungkin terbawa oleh mulut bayi yang baru
lahir hingga beberapa hari.

Demikian semoga bermanfaat.