Assalaamu'alaikum...
Abu& Ummu Ihsan, kami dulu juga pengen memberi ASI saja kepada bayi kami
(namanya Khalid) sampai umur 6 bulan, tetapi ternyata Khalid ini aktif
sekali bergerak (umur 2,5 bulan mulai bisa tengkurap sendiri tanpa bantuan
orang lain, belajar merangkak umur 4 bulan, bisa merangkak kemana-mana umur
5 bulan lebih dikit) sehingga ASI saja kayaknya nggak mencukupi kebutuhan
kalorinya,
jadi umur 5bulan kami mulai memberi makanan tambahan yang dibuat sendiri
berupa bubur
dari TEPUNG beras dan beras merah, dimasak dengan sayur-sayuran segar yang
diblender sampai lembut sekali, juga tahu dan tempe yang juga di blender
sampai halus sebagai sumber protein nabati, untuk sumber protein hewani kami
biasa memberikan hati ayam dan ikan/udang (ikan laut atau ikan air tawar
yang
digoreng atau dikukus, terus diambil dagingnya dan diblender bareng
tahu/tempe), kadang kami berikan juga ikan teri yang digoreng kering terus
digiling sampai lumat. Buah-buahan segar juga kami berikan, tentunya cukup
saripatinya saja, yaitu dengan menggunakan food processor, terus disuapkan
pakai sendok setiap habis m'aem. ASI juga terus kami berikan sampai Khalid
umur 18 bulan (Pengennya sampai 2 tahun dikasih ASI, tetapi produksi ASI
sudah mulai menurun). Mulai umur 8 bulan baru diganti dengan tim nasi
(bukan bubur lagi). Kebiasaan makan ikan masih tetap, justru bertambah
 Khalid ini kalau ma'em, berapa banyakpun ikan yang dihidangkan bisa habis
di'cemili', bahkan sering  ikan kakap yang beratnya 1,2 kg/ekor dima'em
tanpa nasi) & Alhamdulillah pertumbuhan fisik dan psikis Khalid
lumayan cepat dibanding anak usia sebaya-nya (dia bisa jalan umur 8,5 bulan,
mengucapkan kata-kata pendek seperti "Ummi, Abi, Maem, mimik, pipis, bobo' ,
dsb
umur10 bulan), sekarang usianya 20 bulan tapi tinggi badan dan kelincahannya
hampir sama dengan anak-anak tetangga yang umur 2,5-3 th (dalam arti nggak
cuma pasif jika bermain dengan anak yang umurnya jauh lebih tua, bahkan
dalam hal belajar baca tulis huruf abjad dan hijaiyah(arab) dan menghafal
al-quran nggak mau kalah sama anak usia 3 th lebih, ( kadang kami sempat
tercengang dengan daya ingatnya yang, Subhanallah, tajam sekali).
Dokter kami memang pernah bilang bilang kalau batita suka makan ikan itu
bagus buat pertumbuhan dan perkembangannya, makanya dalam setiap menu
makanannya kami selalu sertakan berbagai jenis ikan dan udang (kebetulan
kami tinggal dekat pelabuhan ikan di Jember).
Nah mungkin Abu & Ummu Ihsan serta orang-tua balita/batita lain mau mencoba
membiasakan gemar makan ikan ke putra-putrinya, saya pikir bagus juga tuh
buat putra-putri kita, soalnya para ahli bilang ikan punya kandungan asam
Omega-3 yang tinggi, yang bagus buat pertumbuhan otak buah hati kita.
Selamat mencoba.

Wassalaamu'alaikum ....
Abu & Ummu Khalid
Walid W. ([EMAIL PROTECTED])