salam kenal ,

menanggapi pertanyaan ibu Tutik Sri Astuti tentang jam tidur anaknya (2.5
bulan), menurut artikel yang pernah saya baca ( majalah Ayah Bunda ) jam
tidur bayi yang berusia kurang dari 4 bulan sekitar 15 jam terdiri atas 10 -
11 jam pada malam hari dan selebihnya pada siang hari terpisah-pisah artinya
pada siang hari si bayi akan tidur 5 - 4 jam bukan dalam satu kali tidur
mungkin 3 kali tidur asal kalau dihitung mencapai 5 -4 jam. Jadi kalau bayi
ibu pada malam hari sudah tidur sekitar 10 jam, saya pikir sudah bagus
seandainya pada siang hari si bayi susah tidur mungkin bajunya terlalu tebal
atau lapar. Hal ini pernah dialami oleh bayi saya Dio (3.5 bulan) dia selalu
gelisah waktu tidur siang hari setelah melalui konsultasi dengan dokter,
ternyata bayi saya lapar artinya susunya terlalu encer sehingga perlu
takaran yang lebih kental karena bayi sudah mulai banyak beraktifitas.
Setelah susunya saya beri takaran yang kental sedikit bayi saya mulai tidur
pulas.
Perlu diperhatikan pemberian susu yang lebih kental artinya bukan melewati
batas, biasanya ada petunjuk dalam pemberian susu dan perlu dilihat beraknya
kalu ternyata bagus (tidak susah berak) bisa diteruskan. Demikian pengalaman
saya semoga bermanfaat.