Terima kasih atas semua saran dan tanggapan untuk anak saya, saya ingin berbagi
pengalaman mengenai indikasi ttg keadaan anak saya seperti yang ditanyakan oleh
ibu Mira..

Kecurigaannya: Dari pengalaman yang saya alami terhadap anak saya:
Yang sederhana: Ketika dipanggil namanya tidak menoleh.
Yang agak sulit:

·    Dia asyik dengan kemauannya sendiri, jadi tidak menghiraukan orang lain.
·    Hubungan dengan sesama teman balita tidak ada/acuh tak acuh.
·    Kalau bermain asyik dengan mainannya dan agak sedikit bandel.
·    Kecurigaan saya mulai saat umur 17 bulan disaat perkembangan anak yang lain
sudah bisa   ngomong tapi anak saya tidak.    Akhirnya saat umur 20 bulan
periksa ke dokter anak. Dari dokter anak diminta ke RSU yang ada di kota (untuk
Malang dan Surabaya ada). Pemeriksaan antara lain:
1.   Test respon dengan suara terompet, genderang bel jual es dll.
2.   Test pendengaran dengan alat yang bisa mendeteksi sampai berapa dB
(decibell)yang bisa direspon oleh telinga penderita.
     Dari kedua cara tersebut hasil bisa didapat berapa % pendengaran/telinga
untuk ketuliannya.

Kalau dari keterangan Rumah Sakit:
Tanda-tanda awal pada saat usia 7 bulan bayi harus mulai ngoceh. Kalau tidak
ngoceh periksa saja.
Bagaimanapun terima kasih atas semuanya dan mohon doanya, kami masih akan terus
berichtiar  untuk bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati kami.
kalau masih ada saran atau berbagi pengalaman  kami ,  silahkan di millist ini
atau lewat japri