Mbak Tutik,
Mbak beruntung sekali selagi cuti bisa memberi full ASI ke bayinya,
sedangkan saya berjuang mati-matian supaya ASI saya keluar. Sejak baru
melahirkan ASI saya sedikit, jadi dari awal bayi saya sudah diperkenalkan
dengan susu formula. Karena dia lahir prematur, kemampuan menghisapnya
kurang sehingga mau tidak mau harus ditambah susu formula. Mungkin karena
rangsangan kurang, sehingga ASI saya tidak berproduksi banyak. Yang saya
lakukan adalah melakukan massage payudara sehari dua kali (setelah mandi).
Di samping mengkonsumsi sayur-sayuran seperti daun katuk dan bayam, saya
makan nasi 4-5 kali sehari dan minum air putih hangat 2-4 liter sehari.
Info ini saya dapat dari majalah Ayahbunda (saya lupa edisinya).
Alhamdulillah ASI saya semakin banyak berproduksi pada saat bayi saya
berumur 2.5 bulan dan sampai sekarang saya masih menyusui (bayi saya sudah
berumur 10 bulan).
Jadi jangan terpaku hanya dengan meminum pil pelancar ASI atau makan
sayur2an, karena kondisi setiap orang berbeda. Sehingga kadangkala kita
melupakan hal-hal lainnya seperti harus mengkonsumsi karbohidrat dan ir
yang banyak sebagai penunjang produksi ASI.

Mudah-mudahan berguna.

Intan

Tutik Sri Astuti <[EMAIL PROTECTED]> on 10/06/99 10:16:23 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]