Bu Ayu,
Yang terbaik memang membesarkan anak dalam keluarga
yang lengkap dengan ibu dan ayah namun kadang hal itu
tidak bisa terjadi.
Anak memerlukan sosok ibu dan ayah untuk membentuk
pribadinya. Pengaruh ayah untuk anak laki-laki adalah
untuk menjadi contoh bagaimana bersikap dan bertingkah
laku, sedangkan untuk anak perempuan figur ayah bisa
dijadikan contoh awal bagaimana bergaul dengan lawan
jenis dan mengenal perbedaan antara wanita-pria. Tentu
saja tidak adanya salah satu figur akan menyebabkan
anak kurang lengkap untuk mengeksplorasi perilaku yang
harus mereka ketahui.
Kalau tidak ada tokoh ayah di rumah cobalah untuk
menghadirkan tokoh laki-laki lain, misalnya kakek,
paman, adik laki-laki, bisa juga guru agama atau guru
piano, tentu kita harus memilih laki-laki dengan
kepribadian yang baik agar dapat menular pada anak.
Saya rasa teman ibu harus menjelaskan dengan jujur
kenapa anaknya tidak punya ayah seperti anak lain,
dengan bahasa yang mudah. Dapat dijelaskan bahwa
ayahnya sudah pergi menghadap Tuhan, tapi ayah tetap
sayang pada dia dan senang kalau dia jadi anak yang
baik, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam
menerangkan karena anak umur 8 tahun belum bisa
memahami dengan baik suatu keadaan.
Demikian dari saya, semoga teman bu Ayu tabah dalam
menghadapi cobaan ini.

Mamanya Dafi

=====