Dear Isnan & Dita,

Anak saya, sejak lahir (sekarang 17 bulan) kuat sekali menyusunya. Kalau
dituruti bisa sampai 2 jam lebih. Jadi, dari umur 1 sampai 2 bulan setelah 1
jam menyusu (1/2 jam kanan kiri) saya beri dia dot.

Umur 3 bulan dia mulai terbiasa dengan waktu hanya 1/2 jam setiap menyusu (3
jam sekali), jadi dot hanya saya gunakan untuk pengantar tidur.
Anak saya tidur tidak digendong, diberi dot sekitar 2 menit (pas jam
tidurnya), setelah ia tertidur dotnya saya cabut. Begitu terus sampai
berusia 8 bulan.

Saya berkonsultasi dengan dokter anak untuk menghentikan kebiasaan ini.
Dokternya mengatakan bahwa anak pada dasarnya tidak mempunyai kebiasaan
apapun, orang tualah yang menciptakannya.
Jadi menurut dokter tersebut, sebaiknya jika tiba jam tidurnya tidak usah
diberikan dot atau apapun yang akan menimbulkan ketergantungan (misalnya
ayunan, tepukan, dll.) cukup baringkan ia di tempat tidur dan ciptakan
suasana nyaman yang membuat ia tahu saatnya tidur (seperti musik lembut,
cahaya agak redup).

Pertama kali dicoba, anak saya menangis dan mengamuk, karena ia tahu saatnya
untuk tidur, dan ia mengantuk, tapi ia tidak dapat tidur. Akhirnya setelah
betul-betul mengantuk, ia saya gendong, dan setelah 15 menit ia langsung
tertidur.

Setelah beberapa kali dicoba acara gendong, alias ia sudah lupa dengan
dotnya, saya mencoba membaringkannya sebelum waktu tidurnya, kemudian saya
(berbaring di sebelahnya) ajak beraktivitas ringan seperti baca buku, dll.
Begitu waktu tidurnya datang saya berakting seperti orang tidur. Ternyata
cara ini berhasil karena akhirnya ia tertidur setelah bosan dan lelah
beraktivitas sendiri, ia tidak menangis karena mungkin merasa aman ada orang
yang ia percaya di dekatnya.

Sampai sekarang kalau mau tidur siang, saya cukup meletakkannya di tempat
tidur dan berbaring di sebelahnya (tapi karena dia sudah cukup besar dan
sudah bisa diajak komunikasi, saya biasanya melakukan ritual sebelum tidur,
seperti mengatakan "bobok yuk", ke kamar mandi pipis & cuci kaki).

Semoga pengalaman saya ini bermanfaat.
Salam.