Pak Toto,

Anak saya waktu umur 2.5 bulan juga pernah mengalami diare (tanpa panas
badan meningkat).
Oleh dokter diberi antibiotik dan susunya harus diganti dengan susu kedelai
(Isomil).
Tetapi sampai satu minggu sampai obatnya habis, diarenya tidak juga
berkurang.
Akhirnya saya bawa ke dokter yang lain.
Oleh dokter tersebut dikatakan bahwa kemungkinan anak saya tidak tahan
dengan ASI saya karena
sesuatu yang saya makan. Makanan yang dilarang oleh dokter tersebut antara
lain makanan pedas, kacang-kacangan
yang terlalu banyak dan termasuk daun katuk.
Sewaktu itu, saya memang banyak mengkonsumsi daun katuk baik yang segar
maupun dalam bentuk kaplet (ekstrak)
juga kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau dan jagung) agar produksi
ASI meningkat.

Kata dokter tersebut, apabila tidak disertai panas badan meningkat, ada
kemungkinan faktor makanan yang menjadi
penyebab diare. Akhirnya saya hentikan konsumsi daun katuk dst.tanpa
menghentikan pemberian ASI, dan ternyata anak
saya berhenti diare selang 1 hari kemudian.

Jadi tidak hanya makanan pedas saja yang bisa jadi pemicu diare bayi yang
minum ASI. Tergantung daya tahan
masing-masing bayi.

Mudah-mudahan pengalaman saya ini ada gunanya.

Mamanya Audie