Bapak, saya coba berbagi pengalaman ya,

>       1. Apakah ada pengaruhnya pada bayi yang dikandungan ibu kalo ibunya
>suka makan makanan Junk Food (mis : KFC, McD, Pizza Hot dll), seberapa besarkah
>pengaruhnya ?

Junk food jelas tidak direkomendasikan untuk Ibu hamil, karena kandungan gizinya
(protein, vitamin, dan mineral) nyaris nol. Yang banyak itu kalorinya. Jadi, ibu yang
sering mengkonsumsi junk food selama hamil akan kelebihan berat badan (termasuk berat
badan bayinya), tapi kekurangan gizi. Akibatnya bagi bayi tentu saja tidak baik.
Bayinya juga akan lahir jumbo, karena kelebihan berat badan. Yang sangat diperlukan
ibu hamil adalah gizi yang tinggi, jadi makanan yang kaya akan protein, zat besi,
kalsium, omega-3, dan vitamin lainnya. Jadi, sebisa mungkin hindari saja junk food.
Selama saya hamil, saya tidak pernah makan junk food. Berat badan saya memang hanya
naik 8 kg, tapi anak saya lahir cukup beratnya (3,1 kg) dan sehat walafiat. Dan saya
sendiri dalam waktu 40 hari kembali ke berat badan semula.

>       2. Apakah ada efek kepada si bayi dalam kandungan kalo melakukan
>maaf hubungan suami istri ? Kalo memang boleh sebaiknya bagaimana : dikeluarin diluar
>atau didalam atau dengan menggunakan alat kontrasepsi  ?

Pak, waktu saya baru hamil saya diberitahu DSOG bahwa sebaiknya selama hamil muda
tidak melakukan hubungan sex. Tapi, kalo memang menghendaki, sebaiknya menggunakan
kondom, karena ada zat dalam air mani yang bisa merangsang rahim untuk berkontraksi.
Jika sudah hamil cukup umur, malah baik melakukan hubungan sex (kecuali ada masalah
selama kehamilan) supaya air mani membantu kontraksi rahim yang baik untuk kelancaran
persalinan.

Semoga bermanfaat, salam !

Mama Jonathan.

Get your PERSONALIZED START PAGE at http://my.lycos.com