Pak Pardi,

Kasihan sekali anak Anda tidak suka minum susu. Padahal susu sangat penting
untuk pertumbuhannya. Apakah anak Bapak sudah diberikan makanan bubur atau
sari buah?
Saya kira kalau jadwal makan dia masih baik, artinya bisa sampai 3-4 kali
sehari, dan dengan porsi yang banyak, saya rasa tidak terlalu
mengkhawatirkan. Karena biasanya anak seusia dia makanannya adalah bubur
susu (biasa dijual berbentuk instan): campuran gandum dgn susu dan bahan
makanan lain (sayuran/ daging).
Namun bila susu tetap diperlukan, mungkin bisa diberikan dengan bentuk yang
lain, jadi diolah dulu menjadi makanan lain sehingga si anak mau. Seperti
mungkin bisa dicampur dgn sari buah: alpukat atau campuran
jeruk-susu-pepaya. Atau bisa juga dicampur dgn roti tawar, biskuit mari,
atau dgn havermut/ oatmeal. Bisa dicoba juga diberikan keju kepada bayi
Anda, kan keju terbuat dari susu juga.
Saya rasa banyak dijual buku2 penuntun cara membuat makanan utk bayi/ balita
seusia anak Bapak. Yang saya tahu ada banyak buku karangan Ibu Tuty
Soenardi, seorang ahli gizi, yang bisa kita baca dan menurut saya sangat
baik dan informatif.
Jadi Pak Pardi, begitu sedikit saran dari saya. Yang penting, jangan terlalu
dikhawatirkan, dan jangan terlalu memaksa anak Anda utk meminum susu ya.
Takutnya si Anak jadi trauma, dan malah tidak doyan sama sekali.

Insya Alloh berhasil, salam selalu.

DIAH RIYAWANTI
email: [EMAIL PROTECTED]